Personal Branding vs Pencitraan, Tahukah Perbedaannya?

Personal branding vs pencitraan
Personal Branding vs Pencitraan, Tahukah Perbedaannya?

Personal Branding vs Pencitraan – Personal branding adalah bukan hanya sekadar ilmu marketing. Personal branding merupakan cara seseorang dalam mencari penemuan diri, mengangkat keunggulan, keunikan, ataupun kemampuan yang kamu miliki. Personal branding kerap dianggap hanya sekadar pencitraan dibalik segala manfaatnya.

Inilah saatnya kamu mengetahui perbedaan antara personal branding dan pencitraan. Keunggulan atau keunikan inilah yang menjadikan keduanya berbeda. Intinya adalah bagaimana kamu ingin dikenal banyak orang, namun tetap menjadi diri sendiri.

Kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja kelebihanmu yang jarang ditemukan pada orang lain. Itu langkah awal yang kamu harus lakukan sebelum melakukan personal branding. Belajarlah percaya dan mengenal dirimu sendiri dan mulai tanamkan karakter dan integritas yang kuat sesuai dengan brand image yang akan dikenalkan. Baiknya kamu melakukan hal ini dengan jujur dan tulus dari hati. Karena menjadi dirimu sendiri berarti memiliki personal branding.

Caramu jujur terhadap dirimu sendiri adalah poin yang menjadi pembeda antara personal branding dan pencitraan. Pencitraan merupakan awal mula dari personal branding. Jika kamu ingin dikenal sebagai sosok yang sempurna (perfect), maka brand image yang dibangun tidak akan bertahan lama. Itu justru akan menimbulkan kesan negative dan akan sangat melelahkan pada akhirnya. Kamu tampil hanya karena keinginan orang dan mengikuti tren, itu semua membuat kamu sering mengada-ada. Sama halnya seperti membohongi diri sendiri.

Disisi lain, pencitraan itu tidak semuanya buruk. Bahkan bisa menjadi langkah untuk berubah kearah yang lebih baik. Asalkan kamu melakukan hal-hal positif secara konsisten. Kemudian kamu evaluasi lah tujuanmu kembali, seperti apakah image yang ingin kamu berikan pada orang lain. Seiring dengan berjalannya waktu, personal branding-mu akan terbangun dengan sendirinya. Karena pencitraan yang positif akan membantu menemukan jati diri.

Kesimpulannya, personal dan pencitraan merupakan kedua hal yang sangat menarik perhatian untuk dibicarakan. Meski dari keduanya memiliki lumayan banyak kesamaan, namun nilai (value) yang diberikan sangat berbeda jauh.

Demikianlah ulasan mengenai personal branding dan pencitraan. Semoga setelah memahami perbedaan dari kedua hal tersebut kamu dapat memulai untuk membangun personal branding.

Personal branding vs pencitraan

GOOGLE SCHOOL INDONESIA

Kuliah Online 1 Tahun Bidang Data Technology dan Digital Marketing

Alamat :

Jl. Balai Desa No.28, RT.005/RW.004, Jatirasa, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17424

Telepon: 0812-1177-9510

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *