Social Media Manager, Yuk Simak Penjelasanya!

Social Media Manager – Di era digital ini sebuah perusahaan sudah membutuhkan seorang social media manager. Nah maka dari itu mari cari tau apa itu Social media manager ?. Apa sebenarnya perbedaan antara social media manager atau dengan social media specialist? Ya, Anda sebenarnya tidak sendirian dalam dilema ini, ada garis tipis yang memisahkan dan mengkarakterisasi posisi-posisi ini, bahkan para spesialis pun kesulitan menentukan peran ini. Maka dari itu Gooshi akan menjelaskan apa sebenarnya social media manager.

Sosial Media Manager

Social Media Manager

Manajer media sosial adalah individu dalam organisasi yang dipercaya untuk memonitor, berkontribusi, menyaring, mengukur dan memandu kehadiran media sosial dari suatu merek, produk, individu atau perusahaan. Peran ini serupa dengan peran manajer komunitas di forum situs web atau perwakilan hubungan masyarakat. Manajer media sosial sering ditemukan di departemen pemasaran dan hubungan masyarakat dari organisasi besar.

Apa yang dilakukan Social Media Manager?

Seorang manajer media sosial mengembangkan strategi media sosial perusahaan dan mengelola saluran sosial mereka. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, YouTube dan Pinterest. Selain sebagai suara merek, manajer media sosial menganalisis hasil kampanye mereka dengan melacak metrik keterlibatan seperti suka, klik, dan bagikan.

Apa saja tanggung jawab Social Media Manager?

Tanggung jawab utama manajer media sosial meliputi menyusun posting yang menarik, menganalisis kinerja kampanye, dan berkomunikasi dengan orang-orang melalui saluran sosial perusahaan. Misalnya, tanggung jawab Juliette sehari-hari termasuk memastikan bahwa suara perusahaan selalu konsisten dan bahwa ada rasa komunitas yang kuat di semua platform sosial Birchbox.

Apa saja tantangan yang dihadapi manajer media sosial?

Karena media sosial sangat bergantung pada konten yang tepat waktu dan relevan, mempertahankan tren teratas bisa jadi tantangan. Itulah yang digambarkan Juliette sebagai pekerjaan “24/7” karena mengharuskan Anda untuk mengetahui apa yang sedang tren di saluran Anda (dan di industri Anda) setiap saat. Salah satu tantangan lain yang dihadapi manajer media sosial adalah memahami cara menggunakan metrik secara efektif dan cara mengoptimalkan kampanye berdasarkan metrik tersebut. Tetapi jika Anda takut bahwa tantangan ini membuat manajemen media sosial luar biasa atau membosankan, jangan lakukan itu. Bagian favorit Juliette dari pekerjaannya di Birchbox? “Bermain dan bereksperimen sepanjang waktu,” katanya.

Sebagai bidang yang berkembang pesat dan berubah, media sosial adalah jalur karier yang hebat bagi mereka yang bersemangat untuk mengungkap tren baru dan memanfaatkannya. Jika ini terdengar seperti pekerjaan yang Anda sukai, maka menjadi manajer media sosial mungkin cocok untuk Anda. Nah itulah penjelasan tentang Social mMedia Manger, untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi dan kunjungi website kami.

Google School Indonesia

Kuliah Online  1 tahun bidang data Teknologi/ IT& Software dan Digital Marketing

Alamat: 

Jl. Balai Desa No.28, RT.005/RW.004, Jatirasa, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17424

Telepon: 0812-1177-9510

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *